Aswari Riva’i: Pelopor Rumah Singgah Gratis

Aswari Riva’i: Pelopor Rumah Singgah Gratis
Aswari Riva’i: Pelopor Rumah Singgah Gratis. Sebelum mencalonkan dirinya sebagai Calon Gubernur (Cagub) dalam pemilihan Sumsel, nama Aswari Riva’i sudah banyak dikenal masyarakat Sumatera Selatan. Bupati Kabupaten Lahat Sumatera Selatan adalah penggagas penampungan bagi orang-orang yang membutuhkan penampungan sementara.

Para pendatang dari luar kota Palembang, bahkan di luar provinsi Sumatera Selatan dapat menikmati layanan penampungan sementara di Singgah Aswari Rivai (SAR).

Rumah singgah ini telah lama disediakan oleh Aswari Rivai, jauh sebelum ia maju dalam pemilihan Sumsel. Penginapan gratis untuk masyarakat biasanya digunakan oleh keluarga pasien Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Rumah SAR ini berada tepat di depan RSMH Palembang, di Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Tempat ini telah dibangun Cagub Sumsel sejak dua tahun lalu.

Rumah SAR berada di ruko lantai ketiga dan dicat merah dan putih. Setiap hari banyak pengunjung RSMH Palembang dari berbagai daerah yang berhenti, bahkan menginap tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Menurut Aswari Rivai, Rumah SAR ini sudah lama dibangun dan memang untuk membantu orang yang membutuhkan tempat berlindung
“Kita sengaja menyediakan tempat agar warga dari daerah yang jauh dari kota Palembang bisa menemani keluarga mereka tanpa harus menyewa tempat untuk menginap.di Rumah SAR ini kita tidak membebankan biaya apapun kepada mereka,” kata Aswari Rivai
Rumah SAR ini dapat diakses setiap hari selama 24 jam. Fasilitas di rumah SAR cukup lengkap, lantai dua disediakan untuk istirahat pria sementara lantai tiga untuk wanita.

Ada relawan yang setiap saat melayani para pengunjung. Di dalam Rumah SAR juga disediakan 30 unit kasur, karpet, dan fasilitas lainnya, termasuk dapur dengan peralatan memasak.
Aswari Rivai juga menyediakan empat unit mobil ambulans yang bisa digunakan oleh pengunjung dan masyarakat Palembang secara gratis.


Selain murah hati, Aswari Rivai juga dikenal sebagai orang yang ramah dan penuh perhatian. Yabi, salah satu teman lama Cagub Sumatra Selatan telah akrab dengan sosok Aswari Rivai sejak dia muda.

“Aswari itu orangnya peduli dan perhatian, ‘cool’, mudah berteman, mudah diajak bicara dan tidak sombong. Saya salah satu yang cukup kenal lama,” ucapnya.

Yabi mengenal Aswari Rivai sejak 1970. Di masa mudanya, Aswari cukup aktif dalam pengorganisasian, baik organisasi komunitas maupun organisasi olahraga. Aswari juga menjadi salah satu tokoh aktif dalam kegiatan keagamaan.

Ia berharap Aswari dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan. Salah satunya dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang secara ekonomi  belum mapan.

“Para UMKM, pedagang kecil perlu menjadi perhatian, masyarakat yang kondisi ekonominya belum mencukupi juga harus jadi perhatian,” ucap Yabi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASRI Janjikan Bantu Masyarakat Uang Muka dan Cicilan Rumah Hingga Masalah Lapangan Pekerjaan

Aswari: Rumah Saya, Rumah Curhat Masyarakat

Aswari-Irwansyah: Bertekad Wujudkan Sumatera Selatan yang Baru